“If you feel lost, disappointed, hesitant, or weak, return to yourself, to who you are, here and now and when you get there, you will discover yourself, like a lotus flower in full bloom, even in a muddy pond, beautiful and strong.”
Masaru Emoto, Secret Life of Water

Senin, 20 Februari 2012

Album Review: miss A: The 4th Project "Touch"

Beberapa minggu lalu, aku mendapat kabar dari sebuat web, yang memang up-to-date dalam memberitakan tentang entertainment di korea, mengenai comeback miss A yang akan terjadi pada bulan februari. Mungkin, comeback ini terjadi lebih cepat dari artis-artis yang berada di bawah naungan JYPent lainnya. Setelah pada tahun lalu, lebih tepatnya bulan agustus-september, miss A menggebrak persaingan ketat KPOP dengan "Goodbye, Baby", yang menurut aku merupakan track terbaik yang pernah dimiliki oleh miss A atau bahkan JYP sendiri, comeback ini menjadi sesuatu yang sangat dinanti, akan seperti apa miss A di tahun 2012..

Satu minggu berlalu dengan menampilkan teaser-teaser dari masing-masing anggotanya; Suzy, Fei, Min, Jia. Dan perilisan tracklist di albumnya, akhirnya, pagi tadi rilis lah track yang diberi judul "Touch". Awalnya aku berpikir kalau track ini akan menceritakan tentang, "ngapain sih lu cowo touch-touch gue (baca: pegang-pegang gue)" dan ternyata dugaan saya sangat meleset sejauh mata memandang!! Check the video below:



Dalam track ini, JYP memainnkan sedikit eksperimen dalam musik miss A. Kita tidak akan menemui track segarang "Bad Girl, Good Girl", track semanis "Breathe", atau bahkan track sekuat "Goodbye, Baby". Track baru!! Aku tekankan lagi track baru!! Mungkin akan terasa aneh jika kamu mendengarnya pertama kali, seperti yang aku alami, "WTH happen to their music!?" dan masih banyak lagi respon yang bisa kamu buat sendiri. Menurut aku, track ini halus, namun dalam (nah loh, gimana ngebayanginnya?). Dengan musik, dan video yang agak absurd, miss A memberikan kekuatan sendiri terhadap track ini yang membuatnya menjadi spesial. Kesan dramatis diberikan dalam setiap kalimat yang mereka ucapkan. Mereka tidak menyanyi selantang, "you don't know me!!" atau "goodbye baby goodbye!!". Mereka menyanyikannya secara dramatis. Saya ulangi, dramatis.

Untuk koreografi, bagi aku, tidak sekuat koreografi di "Goodbye Baby". Dalam track ini, mereka melakukan gerakan yang agak absurd dan kurang bisa dimengerti untuk ukurang dancer seperti aku (cie, sekarang profesinya dancer). Bahkan aku tidak bisa mengikuti tempo gerakannya walaupun sudah melihat videonya secara berulang-ulang.

Pesan dari lagu "Touch" ini adalah mereka yang telah tersakiti oleh cinta namun bisa kembali dari sentuhan (correct me kalau translate-an inti lagunya salah).

Untuk track lain dalam mini album ini, seperti Lips, Rock n Rule, No Mercy, dan Over U, terdengar seperti lagu dance yang tidak bisa menempel dipikiran aku. Lagu-lagu lain terdengar seperti tipikal lagu dance urban. Tidak seperti di album sebelumnya yang langsung menyedot aku untuk terus bergumam di dalam pikiran untuk lagu 하나부터 열까지. Pembandingan akan terjadi dengan album sebelumnya karena pada album sebelumnya mereka benar-benar menghancurkan dominasi 2NE1, yang pada nyatanya aku tetap mendengarkan "Goodbye, Baby" dibandingkan "I am the Best".

So, what do you think about miss A comeback?? ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What do you think??