“If you feel lost, disappointed, hesitant, or weak, return to yourself, to who you are, here and now and when you get there, you will discover yourself, like a lotus flower in full bloom, even in a muddy pond, beautiful and strong.”
Masaru Emoto, Secret Life of Water

Jumat, 01 Oktober 2010

Apa Yang Terjadi

Harus disadari bahwa orang yang tidak mempelajari ilmu psikologi, tidak akan mempunyai mindset seperti orang-orang yang mempelajari psikologi. Itu terjadi dalam kehidupan saya sekarang. Tanpa membedakan ras (baca: kulit hitam kulit putih fakultas). Apa yang dikatakan oleh Bang Hatta ada benarnya. Orang yang mempelajari kambing, akan bertindak seperti kambing. Sedangkan, orang yang mempelajari manusia, akan bertingkah layaknya seorang manusia. Hanya itu yang sekarang aku terapkan dalam kehidupan aku, setelah dari dulu aku tidak setuju dengan pernyataan itu. Tapi, itu nyata.

Di sini aku tidak akan menyebutkan siapa yang sedang aku perbincangkan. Aku aku akan menyebut siapa-yang-sedang-dibicarakan menjadi kata ganti MEREKA. Ya, mereka ada di sekitar aku. Aku hampir setiap hari bertemu mereka. Aku dekat dengan mereka. Tapi, dalam kenyataannya, aku tidak pernah sekali pun berbicara dengan mereka. Itu wajar. Awalnya, aku memang bukan tipe orang yang bisa membuka diri kepada orang yang baru aku temui dalam hidup aku. Tapi, setiap ada kesempatan untuk membuka diri, aku selalu (secara tidak langsung) ditolak. Aku juga merasa aku selalu menjadi bahan olokan mereka, walaupun aku bertingkah menjadi orang bodoh dengan cara tidak merespon mereka, tidak tahu apa yang sedang mereka perbincangkan. Mungkin mereka menginginkan kalau aku ikut bergaul dengan mereka, tapi aku tidak ingin. Kenapa?
  1. Mereka sering menukar barang pribadi aku dengan barang entah-milik-siapa.
  2. Mereka tidak menghargai waktu.
  3. Mereka tidak pernah menghargai orang lain di sekitarnya (terutama aku).
  4. Mereka tidak mempunyai etika dalam berbicara.
Mungkin itu adalah salah satu individual differences. Tapi, terserah deh apa mau mereka. Yang jelas, aku gak akan pernah bisa dikalahkan begitu saja, dengan mudahnya akan menyingkir dalam kehidupan mereka. Suatu saat aku akan melakukan sesuatu yang tidak akan mereka prediksikan sebelumnya.
Setiap tindakan akan membuat respon yang berbeda pada setiap orangnya. Jika orang itu menjauh dari lingkup pergaulan, kamu harus mengetahui apa yang membuat orang tersebut menjauh dari pergaulan. Jangan menghakimi dari luarnya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What do you think??